Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Perawatan Yang Baik Diperlukan Agar Akses Cuci Darah Optimal Dan Bertahan Lama

29 Jul, 2022

SARIASIH.com  - Cuci darah atau hemodialisa merupakan tindakan yang dilakukan bagi penderita gagal ginjal yang sudah tidak mampu memfilter darah menjadi cairan yang masih dibutuhkan oleh tubuh, atau harus dibuang sebagai urine.

Dokter Spesialis Bedah Thorak dan Kardiovaskuler Rumah Sakit ​​Sari Asih Ciputat , Tangerang Selatan, dr. Rosie, SpBTKV, menyebutkan bahwa saat ini ginjal pasien gagal meningkat bahkan hingga menyerang usia-usia produktif dan relatif muda.

“Gagal ginjal terbagi menjadi lima stadium, dan biasanya, pada stadium akhir maka seseorang membutuhkan tindakan cuci darah (hemodialisa),” jelas dr. Rosie, SpBTKV.

Diterangkan dr. Rosie, SpBTKV, proses cuci darah yang dimaksud adalah darah akan dialirkan melewati sebuah mesin yang menggantikan fungsi ginjal, setelah darah di filter oleh mesin maka akan dikembalikan ke dalam tubuh.

Untuk melakukan cuci darah, biasanya seseorang akan membuatkan akses di pembuluh darah tertentu yang berguna sebagai jalan keluar masuknya darah melewati mesin.

“Secara medis, proses itu disebut sebagai pemasangan akses cuci darah, dimana ada dua jenis, dapat berupa selang atau juga berupa penyambungan pembuluh darah yang dikenal sebagai cimino (operasi kecil untuk menghubungkan pembuluh darah arteri dengan pembuluh darah vena),” beber dr  . Rosie, SpBTKV.

Kedua akses tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Konsultasi dengan dokter dibutuhkan untuk menentukan akses mana yang lebih cocok sesuai kebutuhan dan kondisi pasien secara keseluruhan.

Perawatan yang baik juga perlu dilakukan untuk menjaga akses yang dimiliki tetap berfungsi baik dan tahan lama.

“Bagi pasien yang memerlukan cuci darah dalam jangka waktu panjang maka perawatan akses yang baik diperlukan untuk mencegah komplikasi seperti infeksi” tambah dr. Rosie, SpBTKV.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Andrea Kartika Suryadharma, , Sp.JP
dr. Andrea Kartika Suryadharma, , Sp.JP
Jantung
dr. Ira Melintira, Sp.P
dr. Ira Melintira, Sp.P
Paru
dr. Adityansyah Irendra Nugraha , SpPD
dr. Adityansyah Irendra Nugraha , SpPD
Penyakit Dalam
Dr. Inayah , SpGK
Dr. Inayah , SpGK
Gizi
dr. Virly Nanda Muzellina , SpPD
dr. Virly Nanda Muzellina , SpPD
Endoscopy
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok