Seminar Rumah Sakit Syariah Di RSI Sari Asih Ar Rahmah

04-07-2019

Bagikan :

SARIASIH.com - Untuk kesekian kalinya RS Sari Asih Group bekerja sama dengan Mukisi yang pada kesempatan kali ini mengadakan Seminar Rumah Sakit Syariah dengan tema “Sertifikasi Rumah Sakit Syariah Berkah untuk Indonesia” bertempat di Auditorium RSI Sari Asih Ar-Rahmah, Rabu (3/7/2019).

 WhatsApp Image 2019-07-03 at 12.07.27 PM-min

Acara dibuka oleh sambutan dari ketua mukisi Provinsi Banten yang juga sekaligus direktur RS Sari Asih Serang, dr. Yahmin Setiawan, MARS dan Wali Kota Tangerang, H. Arief Rachadiono Wismansyah,  B.Sc., M.Kes.

Ketua Bidang Industri dan Ekonomi Syariah DSN-MUI yaitu DR. Moch. Bukhori Muslim, Lc., M. A sebagai pemateri pertama menyampaikan tujuan dasar dari sertifikasi rumah sakit syariah yang berlandaskan untuk kebaikan.

Bukhori Muslim juga menjelaskan jika pasien non muslim tidak perlu merasa terganggu, karena dengan penerapan aturan Islam akan menjaga mereka dan meminimalisir kontak antara petugas kesehatan dengan pasien berbeda gender.

“Sebenarnya rumah sakit yang berstandar syariahnya ini bertujuan untuk kebaikan. Tidak ada perbedaan pelayanan antara muslim dan non muslim. Justru standar ini akan melindungi mereka semua karena kami sudah menguji hal ini berkali-kali” ujarnya.

WhatsApp Image 2019-07-03 at 12.11.48 PM (1)-min

Pemateri kedua dibawakan oleh Dr. Kuntjoro AP, M. Kes yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Persi terkait dengan positioning rumah sakit yang bertstandar syariah. Beliau mengutarakan jika dengan adanya kata “Syariah” tidak membuat rumah sakit menjadi ekslusif namun universal.

“Standarisasi syariah pada rumah sakit menjadi nilai tambah. Sifatnya juga universal sehingga pasiennya bisa siapa saja dan yang terpenting, tidak ada diskriminasi” kata Dr. Kuntjoro AP, M. Kes.

Tidak ketinggalan, Dr. Masyhudi AM, M.Kes selaku Ketua Umum MUKISI juga memberikan pesan agar masyarakat tidak perlu cemas dan takut dengan rumah sakit syariah, karena hal tersebut hanya tentang standarisasi pelayanan. Beliau menuturkan pula bahwa Indonesia satu-satunya negara yang memiliki pelayanan kesehatan bertsandar syariah.

“Ketika membicarakan rumah sakit syariah maka hal tersebut hanya fokus pada standarisasi pelayanan saja sehingga jangan dikaitkan dengan isu negatif yang beredar di luar sana. Seharusnya kita, masyarakat Indonesia patut berbangga karena di negeri inilah satu-satunya yang memiliki rumah sakit berstandar sesuai dengan ajaran Islam” tutur beliau.

WhatsApp Image 2019-07-03 at 12.07.31 PM-min

Dr. Feriyansyah, MKM mantan Direktur RSUD Kota Tangerang menjadi pemateri terakhir. Beliau membagikan pengalamannya terkait dengan asumsi dan reaksi masyarakat terhadap rumah sakit yang pernah dipimpinnya kini menjadi rumah sakit syariah.

“Meski ada kata syariah namun hal tersebut bukan perkara mengislamkann seseorang, tapi kami hanya menerapkan prinsip-prinsi saja, dan ketika prosesnya pun kami melibatkan karyawan non muslim agar mereka mengetahui secara jelas”, ucap Dr. Feriyansyah.

Acara ditutup oleh moderator dengan harapan, masyarakat yang menjadi peserta dapat menjadi kepanjangan tangan dari MUKISI untuk menjelaskan kepada masyarakat lainnya bahwa rumah sakit syariah terbuka untuk siapa saja dan dari golongan mana saja.

Coming Soon
Ok