Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Cara Penanganan Kejang Pada Anak Di Rumah

16 Jan, 2020

SARIASIH.com – Memasukan tangan, sendok, atau gelas adalah beberapa cara yang masih dilakukan hingga saat ini oleh orang tua ketika menghadapai anak yang sedang kejang. Padahal penanganan tersebut tidak direkomendasikan oleh pihak medis karena dapat mengakibatkan dampak yang fatal.

Cara yang salah dan tingginya keluhan kejang pada anak sejak RS Sari Asih Cipondoh dibuka, membuat pihak rumah sakit bertanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar dengan mengadakan acara Health Talk dengan tema “Kejang pada Anak” Bersama dr. Bonnie Arseno, SpA pada hari Selasa (14/01/2020).

Pada awal acara dr. Bonnie, biasa beliau dipanggil, menjelaskan secara lengkap mulai dari definisi kejang pada anak, gejala awal hingga penanganan awal yang tepat jika kejadian berlangsung di rumah.

Dokter yang menyelesaikan Pendidikan spesialisnya di Universitas Padjajaran ini juga mengingatkan bahwa mayoritas orang tua mengetahui anaknya ketika kejang tidak diawal waktu, sehingga adanya seminar ini dapat membuat para ibu yang memiliki anak dengan riwayat kejang dapat langsung mengetahui gejala awal yang ditimbulkan.

"Biasanya orang tua mengetahui ketika anak sudah kejang bukan pertama kali kejang, sehingga adanya wadah ini untuk membuat peserta mengerti betul dan bisa langsung mengetahui jika anak mereka menunjukkan tanda-tanda kejang" ujarnya.

HEALTH TALK 3-min

Tia (38) adalah salah satu peserta yang juga memiliki anak riwayat kejang. Bagi Tia acara yang terselenggara sangat membantu dirinya dan masyarakat awam lain untuk memahami bagaimana menangani anak dengan kondisi yang sama.

“Acaranya bagus sekali, apalagi untuk saya yang memiliki anak pengidap kejang. Acara ini membantu saya dan peserta lain buat memahami bagaimana penanganan anak kejang diawal kejadian, terlebih jika berlangsung di rumah” jelas Tia.

Selain itu Kusmiati (48) juga merasa terbantu dengan adanya acara ini karena beliau bisa mendapatkan banyak pengetahuan terutama bagaimana menghadapi anaknya sedang mengalami kejang.

“Saya senang sekali bisa mengikuti acara ini. Saya dapat info banyak tentang pencegahan dan cara penangan kejang daro dr. Bonnie, apalagi anak saya juga mengidap kondisi tersebut. Jadi saya sedikit banyak sudah mengetahui penanganan yang benar seperti apa” kata Kusmiati.

HEALTH TALK 1-min

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Hj.. Sylvia E. Nuruth , SpBP
dr. Hj.. Sylvia E. Nuruth , SpBP
Bedah Plastik
dr. Harris Mustafa Banadji,dr.SpU
dr. Harris Mustafa Banadji,dr.SpU
Urologi
dr. Lydia Sutandar , SpOG
dr. Lydia Sutandar , SpOG
Kebidanan dan Kandungan
dr.. Kelvin Mandela , SpM
Mata
dr. Heri Setiawan , Sp.OT
dr. Heri Setiawan , Sp.OT
Ortopedi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok