Menjaga Kesehatan Anak Di Musim Hujan

30-11-2016

SARIASIH.com - Kekebalan tubuh orang dewasa dan anak-anak dalam menangkal suatu panyakit tentulah berbeda. Orang dewasa lebih kuat menahan serangan penyakit, sedangkan anak-anak sangat rentan.

Orang dewasa lebih siap dan cenderung kuat menghadapi perubahan cuaca tanpa perlu beradaptasi, sementara anak-anak, mereka akan dengan mudahnya mengalami gangguan kesehatan saat cuaca seketika berubah menjadi panas atau dingin.

Memasuki puncak musim hujan, menjadi hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan anak-anak kita. Terlebih, anak-anak kita ternyata rentan terkena penyakit. Penyakit yang umum menyerang anak-anak di musim penghujan di antaranya batuk, demam, flu dan pilek.

Beragam penyakit yang berpotensi menyerang anak-anak membutuhkan penangkal, apalagi, penyakit tersebut di atas gampang menular. Dengan demikian, bagaimana sebaiknya kita harus menjaga kesehatan anak-anak kita?
 

1.Perhatikan pakaian anak.

Pakaikan baju, topi, sarung tangan, kaos kaki dan sepatu hangat pada bayi dan anak-anak ketika sedang melakukan kegiatan di luar rumah. Lebih disarankan untuk menggunakan lapisan pakaian yang lebih tebal.

2.Virus yang menyebabkan pilek dan flu cenderung lebih banyak muncul di musim penghujan atau udara dingin.

Biasakan anak untuk menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup serta mencegah penyebaran pilek dan flu dengan selalu mencuci tangan, memakai masker dan membuang bekas tisu setelah bersin atau batuk ke tempat sampah dengan baik.

3.Tetapkan batas waktu yang wajar untuk bermain di luar rumah

Untuk anak-anak, bermain menjadi sebuah kesenangan. Terkadang, mereka menjadi lupa waktu. Pada musim penghujan, mintalah anak-anak untuk kembali secara teratur pada waktu tertentu untuk menghangatkan badan.

4.Mengantar anak-anak ke sekolah dengan perlengkapan hujan yang tepat.

Memiliki payung, jas hujan, dan sepatu bot hujan adalah suatu keharusan bagi anak-anak kita selama musim hujan. Perlengkapan tersebut sangat berguna untuk melindungi mereka dari hujan dan genangan air hujan yang yang sangat mungkin terkontaminasi dengan berbagai bakteri.

5.Mengosongkan atau menutup wadah air.

Tak hanya penyakit menular, penyakit berbahaya seperti DBD (Demam berdarah Dengue) juga turut mengintai anak-anak di musim penghujan. Genangan air memudahkan nyamuk berkembang biak. Perlu untuk mengosongkan atau menutupi wadah air di sekitar rumah untuk mencegah nyamuk berkembang biak di dalamnya untuk menurunkan risiko anak-anak digigit oleh nyamuk tersebut.

6. Hanya minum air bersih.

Penyakit, seperti diare dan kolera disebabkan oleh asupan air yang terkontaminasi. Pastikan selalu anak-anak hanya minum air yang bersih dan aman untuk menghindari infeksi dan tertular penyakit dari bakteri udara.

7. Ajari anak-anak mencuci tangan yang benar

Mencuci tangan yang bersih, baik dan benar dapat membantu melindungi mereka dari kuman dan infeksi virus yang ditularkan melalui kontak dengan orang ataupun sesuatuyang terinfeksi, bimbing mereka bagaimana caranya mencuci tangan yang baik.

8.Vaksinasi untuk sistem kekebalan anak terhadap penyakit.

Vaksinasi dapat membantu anak untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Bawa anak-anak ke dokter dan mencari rekomendasi untuk mendapatkan vaksinasi yang tepat guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka terhadap penyakit anak pada umumnya.

Coming Soon
Ok